Pusat Bantuan
Logo
icon-bars.svg
Logo

Menu

Kategori

      banner_image.jpg

      Panduan Pembeli Xooply.ID

      Diperbaharui tanggal 18 Maret 2024

      Selamat datang di Xooply.ID

      Xooply.ID adalah platform B2B commerce dari PT. METRANET, anak perusahaan PT Telkom Indonesia yang menyediakan berbagai kebutuhan bisnis seperti stationary, consumer goods, electronic, custom product dan produk-produk Maintenance, Repairing & Operation (MRO).


      Xooply.ID memiliki dua tipe akun untuk pengadaan barang dan jasa:

      1. Akun Pembeli Individu yaitu Pembeli yang dapat melakukan transaksi pembelian dan mengkonfirmasi penerimaan barang secara langsung.

      2. Akun Pembeli Bisnis yaitu Pembeli yang dibagi menjadi Pembeli Staff dan Pembeli Manajer untuk penggunaan anggaran dan pembelanjaan produk.

      a. Pembeli Staff yaitu Pembeli yang bisa melakukan permintaan pembelian dan melakukan konfirmasi penerimaan barang.

      b.  Pembeli Manajer yaitu Pembeli yang dapat memonitor dan menindaklanjuti permintaan dari staff.


      Struktur pembeli pada platform Xooply.ID bisa dilihat pada gambar berikut:


      Untuk dapat terdaftar sebagai pembeli di Xooply.ID terdapat 2 kategori Pembeli, Pembeli Individu dan Pembeli Bisnis (Pembeli Staff dan Pembeli Manajer). Dimana untuk melakukan transaksi bisa dilakukan oleh Pembeli Bisnis dan Pembeli Individu. Di Pembeli Bisnis, transaksi dapat dilakukan oleh Pembeli Staff sedangkan Pembeli Manajer fungsinya untuk memonitoring transaksi yang dilakukan oleh Pembeli Staff

      Berikut langkah-langkan melakukan pendaftaran Akun Pembeli Individu di Xooply.ID:

      1. Kunjungi website Xooply.ID dan klik Daftar untuk registrasi akun

      2. Selanjutnya pilih Pembeli Individu

      3. Selanjutnya Calon Pembeli dapat melengkapi data yang dibutuhkan (Nama, Email, No. Handphone)

      4. Kemudian Anda dapat membuat password akun

      5. Registrasi Akun Berhasil dan Aktivasi dikirimkan melalui Email yang didaftarkan

      6. Setelah proses Registrasi selesai, silahkan login dan Akun Anda siap untuk bertransaksi di Xooply.ID

      Berikut langkah-langkan melakukan pendaftaran Akun Pembeli Bisnis di Xooply.ID:

      1. Kunjungi Website Xooply.ID dan klik Daftar untuk registrasi akun

      2. Selanjutnya pilih Pembeli Bisnis

      3. Anda dapat melengkapi data yang dibutuhkan (Nama Perusahaan, Nama Lengkap, Email, No. Handphone, Alamat Perusahaan)

      4. Selanjutnya Anda akan menerima permintaan pendaftaran yang dikirimkan melalui Email yang didaftarkan

      5. Tim Xooply akan menghubungi Anda

      6. Setelah Akun dibuat oleh Tim Xooply, Anda akan menerima Link Aktivasi yang dikirimkan melalui Email yang didaftarkan

      7. Anda dapat melakukan Aktivasi dan membuat password akun

      8. Setelah membuat password akun, proses Registrasi selesai, silahkan login dan akun Anda siap untuk bertransaksi di Xooply.ID


      Simak Video Panduan Lengkap Registrasi dan Aktivasi Akun Pembeli di Xooply.ID:






      Cara Melakukan Transaksi di Xooply.ID


      1. Buyer staff melakukan pencarian barang lalu pilih produk yang ingin di beli.

      2. Pada halaman detail produk Klik Beli Sekarang jika ingin langsung membayar, atau klik Masukkan ke Keranjang jika ingin menambahkan produk lainnya.

      3. Pada halaman Checkout, silahkan klik (checkbox) produk yang ingin di beli dan pastikan jumlah produk sudah sesuai, lalu klik Checkout.

      4. Selanjutnya Anda akan diarahkan he halaman pembayaran, Pastikan Alamat pengiriman telah sesuai dengan yang Anda Inginkan lalu pilih metode pembayaran sesuai dengan keinginan Anda.

      5. Selanjutnya silahkan pilih Jasa Pengiriman yang Anda inginkan, lalu klik Simpan.

      6. Anda dapat menentukan perkiraan tanggal penerimaan paket.

      7. Anda juga bisa menambahkan catatan untuk penjual seperti Jenis/Varian, Warna Produk atau detail lainnya mengenai pesanan.

      8. Selanjutnya silahkan periksa kembali detail pesanan Anda, jika sudah sesuai, silahkan klik tombol Selesaikan Pesanan

      9. Pembelian berhasil, selanjutnya transaksi Anda harus menunggu persetujuan dari manager Anda.

      Buyer manager dapat menerima atau menolak transaksi yang dilakukan oleh buyer staff.

      Berikut langkah-langkah yang dapat dilakukan oleh Buyer Manager jika Buyer Staff sudah melakukan Permintaan Pembelian:

      1. Buka website www.xooply.id Login sebagai Buyer Manager dengan memasukkan e-mail dan password terdaftar lalu klik Masuk.

      2. Pada menu Transaksi, pilih menu Permintaan Pembelian, lalu pilih tab Menunggu Persetujuan lalu pilih Lihat Detail untuk melihat detail transaksi yang dilakukan oleh Buyer Staff.

      3. Selanjutnya pada halaman detail permintaan pembelian akan muncul detail pembelian dan Tombol Tolak dan Tombol Setujui. 

      4. Jika Anda ingin menyetujui permintaan pembelian silahkan klik tombol Setujui maka status transaksi yang sebelumnya Menunggu Persetujuan menjadi Pesanan Dibuat.

      5. Jika Anda ingin menolak Permintaan pembelian, silahkan klik Tolak. Maka status transaksi yang sebelumnya Menunggu Persetujuan akan berubah menjadi Ditolak.


      Simak Video Panduan Lengkap Melakukan Transaksi Sebagai Pembeli di Xooply.ID






      Metode pembayaran di Xooply.ID


      Ada tiga metode pembayaran di Xooply.ID yaitu, Virtual Account, metode Pembayaran Tempo dan metode Anggaran.

      1. Pembayaran dengan Metode Virtual Account (VA)

      2. Pembayaran dengan Metode Tempo

      3. Pembayaran dengan Metode Anggaran


      Panduan

      Bagikan: